Tuesday, December 3, 2013

Cara Memasang Wireless Router

Berapa banyak orang yang bilang memasang wireless router itu sulit? berapa banyak orang yang mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan jasa IT service untuk memasang wireless router? Memasang wireless router itu tidak sesulit yang kita bayangkan. Memasang wireless router hanya membutuhkan ilmu komputer dasar yang bisa dipelajari dengan cepat.

Sebagai gambaran awal, saya berikan beberapa gambar yang dapat membantu anda untuk mengidentifikasi hardware yang akan dibutuhkan.

Cable Internet Modem
ADSL Internet Modem
Kabel LAN
Wireless Router Port Jauh
Wireless Router Port Beda Warna


Berikut step-by-step cara memasang wireless router.
  1. Temukan modem internet anda. Biasanya modem internet akan dipinjamkan/diberikan oleh internet provider anda. Ada 2 macam internet modem, yaitu ADSL internet modem dan Cable internet modem.
  2. Sebelum menyambungkan kabel LAN dari modem internet ke wireless router, pastikan internet anda sudah bisa dipakai dengan baik.
  3. Matikan internet modem dan wireless router terlebih dahulu. Cabut kabel LAN dari sisi komputer, lalu colokan ke wireless router pada port yang ber-label WAN/Internet (biasanya beda warna dari port lainnya atau port yang terpisah sendiri ). 
  4. Dengan posisi wireless router yang masih mati, mulai sambungkan wireless router dengan seluruh komputer anda dengan menggunakan kabel LAN.
  5. Setelah seluruh komputer tersambung dengan wireless router, nyalakan internet modem dan wireless router anda. Sebagai catatan, selalu nyalakan internet modem terlebih dahulu dan tunggu beberapa detik kemudian nyalakan wireless router anda. 
  6. Cek koneksi pada komputer / laptop / gadget anda. Jika sudah terhubung dengan benar, maka anda sudah bisa menggunakan internet untuk browsing.
  7. Sekedar tips. Pastikan anda memproteksi koneksi wireless anda dengan menggunakan password yang aman. Biasanya cara untuk men-setting password wireless router dapat anda temukan pada buku manual wireless router anda. 
Sekian dan semoga dapat membantu.
Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...